Sejarah Indonesia di Era Reformasi Dan Masa Kebebasan

Sejarah Indonesia di Era Reformasi

Setelah terlepas dari masa penjajahan oleh negara lain, negeri ini memiliki cerita lain tentang sejarah Indonesia di era reformasi. Perjuangannya tidak kalah seperti melawan musuh karena yang dilawan adalah pemerintah serta aparat keamanan sendiri hingga menimbulkan jatuhnya korban.

Sejarah Munculnya Era Reformasi

Era reformasi ialah masanya perubahan di hampir semua bidang seperti ekonomi, politik, pemerintahan, pendidikan, dan lain sebagainya. Indonesia mulai merasakan jaman ini sejak lengsernya presiden Soeharto yang saat itu sudah menjadi pimpinan negeri ini selama hampir 32 tahun.

Bacaan Lainnya

Banyak ketidakadilan yang kemudian dirasakan oleh masyarakat di akhir kepemimpinan Soeharto, sehingga memicu terjadinya pemberontakan oleh mahasiswa pada tahun 1998. Dimana, saat itu Indonesia mengalami keadaan ekonomi terparah hingga terjadilah krisis moneter.

Pemberontakan oleh Mahasiswa

Sebagai agen perubahan, mahasiswa bergerak untuk meminta keadilan bagi masyarakat Indonesia dengan melakukan demonstrasi di gedung MPR dan Universitas Trisakti Jakarta. Mereka membawa tiga tuntutan yang ke semuanya merupakan cikal bakal terjadinya era reformasi hingga saat ini.
Ketiga tuntutan itu ialah meminta presiden Soeharto untuk turun dari jabatannya sebagai pimpinan Indonesia, menghapuskan sistem dwifungsi ABRI, serta memberantas praktik KKN yang marak terjadi pada era Orde Baru.

Lengsernya Presiden Soeharto

Pemberontakan yang terjadi menjadikan suasana di negeri ini mencekam. Harga kebutuhan pokok semakin naik, banyak terjadi penjarahan secara terang-terangan, diskriminasi terhadap etnis Tionghoa, dan lain sebagainya.

Pada tanggal 21 Mei 1998, akhirnya presiden Soeharto melepaskan jabatannya sebagai pimpinan tertinggi di Inodonesia dan digantikan oleh wakilnya yaitu Bapak B.J. Habibie. Sejak saat itu pulalah era reformasi dimulai dengan pengabulan tuntutan mahasiswa dan beberapa perubahan besar di berbagai bidang.

Kepemimpinan Presiden B.J.Habibie

Sejarah Indonesia di era reformasi dimulai dari naiknya B.J.Habibie sebagai presiden menggantikan Soeharto. Semasa menjabat terjadi banyak perubahan yang dilakukan demi memperbaiki stabilitas negeri, salah satunya mengabulkan tuntutan penghapusan Dwifungsi ABRI dan pemberantasan KKN.

Selain itu, di era ini kebebasan berpendapat pun ditegakkan bahkan diberikan perlindungan undang-undang. Begitu juga dengan penggantian peraturan mengenai partai politik, pemilihan umum, serta susunan dan kedudukan DPR dan MPR.

Mulai Diadakannya Pemilu

Di era presiden Soeharto, pemilihan pemimpin negara dilakukan berdasarkan keputusan MPR yang mana ternyata dapat direkayasa. Namun di era reformasi, mulai diadakan pemilu atau pemilihan umum dengan suara masyarakat sebagai penentunya.

Pemilu pertama diadakan pada tanggal 14-21 Oktober 1999, dengan hasil tergantinya presiden B.J. Habibie menjadi Abdurrahman Wahid dan Megawati Soekarnoputri sebagai wakilnya. Selain itu, Amien Rais terpilih sebagai ketua DPR serta Akbar Tanjung pada MPR.

Ciri-Ciri Era Reformasi

Beberapa ciri yang membedakan dari era reformasi dengan sebelumnya tentu sangat terlihat jelas dati berkurangnya dominan pemerintah terhadap masyarakat. Selain itu, kebebasan berpendapat pun tidak lagi dianggap tabu sebagaimana di masa presiden Soeharto.

Beberapa undang-undang pun dirubah seperti tentang pemilihan pemimpin yang dilakukan secara terbuka dengan masyarakat, pembentukan partai politik, serta kedudukan MPR dan DPR dalam pemerintahan. Kesemuanya memiliki peraturan agar dapat berjalan sesuai dengan fungsinya.

Era Reformasi Hingga Saat Ini

Saat ini, era reformasi masih berjalan bahkan jangkauannya sudah lebih luas. Mesii sayangnya, banyak pihak menyalahgunakan kebebasan tersebut demi hal-hal yang bersifat perorangan atau menguntungkan diri sendiri.

Sebagai masyarakat yang bijak seharusnya dapat menggunakan kebebasan dari era reformasi ini sebagai media untuk membangun bangsa. Begitu juga, bagi pemerintah, sebaiknya memberi contoh dalam memimpin dengan baik dan tidak melakukan praktik merugikan negara seperti KKN.

Sejarah perjuangan era reformasi merupakan salah satu cerita panjang mengenai kebebasan dan kemerdekaan di negara ini. Hal ini menandakan meski sudah terlepas dari penjajah negeri lain, tidak bisa merasa lega karena masih panjang usaha untuk mewujudkan Indonesia aman dan damai bagi seluruh warganya.

Demikianlah ulasan singkat mengenai sejarah Indonesia di era reformasi. Mengetahui cerita perjalanan negara ini tentu dapat menjadikan masyarakat menghargai jasa-jasa para pahlawan dan pejuang yang telah memperjuangkan kemerdekaan dan kebebasan hingga masa kini.

Silahkan Bagikan.. !

Pos terkait