Generasi Millenial Wajib Paham Sejarah Penjajahan Jepang di Indonesia

Sejarah Penjajahan Jepang di Indonesia

Sebagai warga negara yang baik, maka Anda harus paham tentang sejarah penjajahan Jepang di Indonesia karena hal tersebut sangatlah penting. Perjalanan bangsa untuk memerdekakan diri harus tetap diingat demi menumbuhkan sikap semangat dalam meneladani usaha para pahlawan.

Latar Belakang Penjajahan Jepang di Indonesia

Indonesiamemang negeri yang kaya dan subur di dunia. Ia juga mendapat sebutan surga, karena segala sesuatu bisa didapatkan dengan mudah hanya dengan memanfaatkan kekayaan alamnya. Nah, karena hal itulah beberapa negara pernah menjajah tanah air ini tak terkecuali Jepang.

Bacaan Lainnya

Jepang menjajah Indonesia setelah Belanda berhasil diusir dari bumi pertiwi. Negara matahari terbit tersebut melakukan penindasan pada bangsa kita selama 3 tahun saja. Walaupun hanya sebentar, namun semua perlakuan mereka lebih kejam daripada yang dilakukan oleh penjajah sebelumnya.

Jepang pertamakali datang ke Indonesia pada tahun 1942. Tujuan mereka bertandang ke tanah air adalah dalam rangka menjadikan dirinya sebagai penguasa di Asia. Tentunya hal tersebut merupakan tindakan jahat serta tidak manusiawi sama sekali.

Akhir dari Penjajahan Jepang di Indonesia

Jepang menjajah Indonesia hingga tanggal 16 Agustus 1945. Mereka memutuskan untuk memberikan kemerdakaan pada tanah air setelah terjadi peristiwa pengeboman besar di kota Nagasaki dan Juga Hiroshima.

Dengan adanya kejadian tersebut, Jepang menjadi luluh lantak serta menarik semua rakyatnya di Indonesia. Adapun kemerdekaan bangsa ini diberikan juga karena usaha-usaha para pahlawan yang sangat gigih serta tidak kenal Lelah.

Akhir dari penjajahan Jepang tersebut berhasil membuat Indonesia memproklamirkan kemerdekaanya tepatnya pada hari Jumat tanggal 17 Agustus 1945. Hal itu tentunya membuat seluruh rakyat di penjuru bumi pertiwi sangatlah bahagia.

Dampak Pendudukan Jepang di Indonesia

Secara spesifik, terdapat beberapa dampak penjajahan Jepang terhadap bangsa Indonesia. Hal tersebut dapat dirinci ke dalam beberapa aspek di berbagai lini kehidupan yang meliputi sebagai berikut:

1. Dampak Penjajahan Terhadap Ekonomi

Merunut pada sejarah penjajahan Jepang di Indonesia, maka hal tersebut juga akan membahas mengenai dampaknya terhadap bidang ekonomi serta social budaya dalam kehidupan masyarakat sehari-harinya.

Dari segi ekonomi, pada saat itu di awal kedatanganya Jepang telah megambil alih kilangan minyak buni Indonesia. Selain itu, mereka juga menyita seluruh harta rakyat yang dibiayai dan dimodali oleh belanda seperti pabrik, perkebunan, dan listrik demi kepantingan perang negaranya sendiri.

2. Dampak Terhadap Sosial

Pada saat itu, ekonomi di tanah air benar-benar lumpuh karena masyarakat kehilangan seluruh harta serta ditindas habis-habisan oleh Jepang sehingga menyebabkan kekacauan sosial juga. Banyak orang-orang mati kelaparan di kota-kota besar dan sebagian lain hidup sebagai gelandangan.

Jepang saat itu memang benar-benar berkuasa terhadap kondisi sosial Indonesia. Bahkan meraka tidak peduli sedikitpun dengan nasib setiap rakyat yang terlunta-lunta dan tidak mendapatkan papan dan sandang.

3. Dampak Terhadap Kesejahteraan Wanita

Pada aspek sosial, pada zaman itu wanita-wanita Indonesia banyak yang dipaksa untuk melayani tentara-tentara Jepang. Mereka disuruh menyerahkan tubuhnya secara sukarela dan menghibur para tentara setiap harinya.

Tidak hanya itu saja, akibat kekalutan kondisi pada saat itu, wanita banyak yang terkena penyakit seperti TBC yang penyebaranya sangatlah cepat sehingga menyebabkan banyak kasus kematian

4. Dampak Penjajahan Terhadap Politik

Daris aspek politik, Jepang telah melarang pengibaran bendera merah putih setiap pagi dan juga memboikot pendengaran lagu Indonesia Raya di radio nasional. Rakyat pun diwajibkan untuk melakukan sekerei atau penghormatan pada kaisar negeri matahari terbit itu.

Lebih parahnya lagi, seluruh media komunikasi di Indonesia seperti halnya radio,majalah, koran dan lain-lain dibatasi penggunaanya dan hanya akan difungsikan untuk menguntungkan Jepang saja. Dengan ini, maka seolah-olah rakyat dibuat bodoh oleh mereka.

Organisasi-organisasi Bentukan Jepang dan Sistem Kerja Paksa

Pada zaman kekejaman penjajah tersebut, masyarakat hanya diizinkan untuk berpolitik dengan syarat hal tersebut menguntungkan pihak Jepang. Akibatnya, sempat terbentuk organisasi-organisasi yang pada akhirnya dibubarkan seperti PUTERA dan MIAI.

Terlepas dari itu semua, yang paling menyiksa dari perlakuan Jepang di Indonesia adalah sistem Romusha atau kerja paksa. Di sini rakyat dipaksa untuk bekerja membantu Jepang tanpa kenal waktu tetapi tidak diberikan upah sedikitpun demi keberlangsungan hidup.

Demikianlah pembahasan tentang sejarah penjajahan Jepang di Indonesia yang dapat disampaikan dalam artikel kali ini. Semoga dengan adanya informasi tersebut bisa menambah wawasan terhadap masa lalu bangsa serta meningkatkan rasanasionalisme seluruh rakyat.

Silahkan Bagikan.. !

Pos terkait