Berbagai Kisah Awal Terbentuknya Sejarah Tanah Jawa

sejarah tanah jawa

Jawa adalah salah satu pulau terbesar di Indonesia. Penduduknya merupakan yang paling padat. Terdapat berbagai cerita sejarah menarik tentang wilayah ini. Simak beberapa kisah sejarah tanah jawat berikut agar Anda paham asal mulanya.

Sejarah Terbentuknya Pulau Jawa

Secara geologi, terbentuknya daratan di Asia bagian selatan merupakan proses pergerakan dari anak benua India yang bertabrakan dengan lempeng utara. Proses ini terjadi pada 20 hingga 36 juta tahun
yang lalu.

Bacaan Lainnya

Daratan berupa anak benua di bagian selatan ini kemudian terendam air. Hingga akhirnya muncul gugusan pulau yang membentuk lingkaran gunung berapi. Salah satu bagiannya yakni di sebelah
tenggara adalah Indonesia.

Pulau Jawa merupakan salah satu gugusan yang berada di Indonesia. Ia merupakan bagian dari Paparan Sunda. Tanah di sini subur dan sangat cocok untuk budidaya tanaman pertanian seperti padi.

Sejarah Asal Usul Nama dan Julukannya

Nama ini berasal dari bahasa Sansekerta. Banyak yang menyebut pulau ini dengan sebutan “yavadvi” atau java dwipa. Kata dvipa berarti pulau dan yava bermakna biji-bijian. Sejak dulu julukan ini telah
disebutkan di berbagai cerita India seperti Ramayana.

Selain itu, kata Jawa juga dapat berasal dari bahasa Proto-Austronesia. Artinya adalah rumah. Dalam karya Ptolemy tanah ini disebut sebagai Labaidu. Memiliki makna yakni pulau biji-bijian.

Orang China dalam berbagai bukti catatan sejarah menyebut Jawa dengan istilah “Chao-wa”. Pernah juga orang-orang mengenali pulau ini dengan sebutan Saba. Dalam bahasa Kawi artinya tempat
bertemunya bangsa-bangsa.

Sejarah Mistis Tanah Jawa

Saat belum terjamah oleh manusia, konon tanah jawa dihuni oleh para siluman selama ribuan tahun. Namun, setelah anak turun dari Shang Hyang Nurasa mendudukinya, pulau ini menjadi tempat yang dihidupkan kembali atau bumi pengurip.

Shang Hyang Dewa kemudian melakukan moksa di Gunung Tidar, beliau menyatukan bangsa siluman dan keturunannya menuju jalan adil. Saat itu terlahir pula para Shanghyang Agung seperti Citra Suma, Dinata Dewa, dan Panca Dria.

Para Shanghyang Agung tersebut menurunkan berbagai titisan dan wasilah kepada raja-raja yang nantinya memimpin Jawa.

Sejarah Kisah Ajisaka

Aji Saka berasal dari Bumi Majeti. Menurut kisah, ia datang ke Jawa tahun 125 setelah masehi. Penafsiran lain menyatakan bahwa Saka dalam bahasa Jawa berasal dari kata soko. Maknanya adalah
raja pertama.

Diceritakan dalam kisah bahwa AJi Saka mengalahkan Prabu Dewata Cengkar yang merupakan raksasa dzolim. Setelah berhasil membunuh makhluk tersebut, akhirnya ia menjadi raja di Medang Kamulan. Kisah lain yang menarik tentang Aji Saka adalah tentang asal mula munculnya aksara Jawa. Cerita tersebut melibatkan kesalahpahaman antara dua abdinya. Mereka saling bertengkar dan akhirnya mati bersama.

Sejarah Kerajaan Hindu-Budha

Kerajaan pertama yang berkembang di Jawa adalah yang bercorak Hindu dan Budha. Kalingga  merupakanyang paling awal. Selanjutnya, diteruskan oleh Mataram Kuno dengan 3 dinasti besarnya yakni Sanjaya, Sailendra, dan Isyana. Kemudian ada juga kerajaan lan seperti Kahuripan dan Singasari.  Kerajaan ini merupakan salah satu peninggalan terbesar yang pernah ada di Nusantara. Berpusat di Jawa Timur, mereka berkuasa dari tahun 1293 hingga 1500. Kisahnya menjadi simbol dan sejarah tanah jawa yang paling terkenal

Sejarah Islam di Jawa dan Perkembangannya

Pada awal abad ke 13 datanglah seorang ulama dari Turki bernama Syekh Subakir. Ia dikirm ke Jawa untuk mengatasi pengaruh unsure gaib yang mengganggu. Ia menghalaunya menggunakan batu hitam dari Arab yang telah dirajah.

Batu tersebut dinamakan Rajah Aji Kalacakra. Ia dipasang di Puncak Gunung Tidar yang diyakini sebagai titik sentral Pulau Jawa. Hasilnya kekuatan gaib tersebut dapat terkalahkan. Sepeninggal Syekh Subakhir, perjuangannya dilanjutkan oleh para Wali Songo.

Wali Songo merupakan 9 sunan yang bertanggungjawab atas penyebaran agam Islam di tanah Jawa. Pada tahun 1475 Islam berjaya pertama kali di pulau ini melalui berdiriya kerajaan Demak. Sejak itu Islam semakin menyebar luas.

Sejarah Jawa Versi Raffless (History of Java)

Thomas Stamford Rafless menulis buka tentang Pulau Jawa pada tahun 1817. Ia merupakan seorang gubernur jenderal dari Inggris di Hindia Belanda.

Di dalam bukunya ia bercerita tentang gambaran tentang Jawa pada abad ke 18 dan 19. Seluruh aspek diceritakan mulai dari sejarah, geografi, hingga kebudayaan. Terdapat pula kisah-kisah tentang para raja
dan kepemimpinan pada masa kolonialisme yang diceritakan di buku ini.

Berbagai Kisah Sejarah Tanah Jawa Dan Awal Terbentuknya Pulau Jawa Semoga berbagai kisah sejarah tanah jawa di atas dapat menambah pengetahuan historis Anda. Namun, jangan sampai meninggalkan adat istiadat yang sudah diwariskan turun temurun.

Silahkan Bagikan.. !

Pos terkait